Thursday, January 10, 2008

6 Manfaat Catatan

  1. Catatan akan membantu menata pikiranmu. Daripada memikirkan, “Bagaimana aku melakukan hal ini?” atau “Dari mana aku memulainya?” kamu bisa mencoba langkah-langkah dalam sebuah catatan atau membuat catatanmu sendiri.

  2. Catatan akan memusatkan energimu. Saat kamu memiliki proses langkah demi langkah dalam meraih tujuan atau menyelesaikan sebuah permasalahan, maka kemungkinan besar kamu akan bisa menyelesaikannya.

  3. Catatan akan menjadikan waktumu efektif. Saat kamu memiliki catatan tentang hal yang akan dilakukan atau strategi-strategi untuk selalu mencoba, maka kemungkinan kecil kamu akan membuang-buang waktu dengan menunda-nunda pekerjaan.

  4. Catatan akan menciptakan ruang kosong dalam otakmu. Kamu tidak harus mengingat segala hal yang ada di dalam sebuah catatan. Kamu harus mengingat-ingat dimana kamu menyimpan catatan itu.

  5. Catatan mendatangkan rasa puas. Tanyalah siapa pun yang menggunakan sebuah catatan. Tidak ada perasaan yang bisa dibandingkan dengan saat kamu menorehkan sebuah tanda checklist yang besar dan tebal disamping poin catatan yang telah kamu selesaikan.

  6. Catatan akan memberikan rasa percaya diri. Sungguh menyenangkan untuk mengetahui bahwa tidak ada permasalahan yang terlalu sulit, tidak ada tantangan yang begitu menakutkan, yang bisa kamu pecahkan dan kamu kalahkan satu demi satu.

No comments: