Thursday, January 10, 2008

7 Kebutuhan Dasar Semua Orang

Kebutuhan dan keinginan tidaklah sama. Keinginan berbeda antara satu orang dan yang lainnya, tapi semua orang memerlukan tujuh kebutuhan dasar ini.

  1. Kebutuhan untuk barhubungan dengan orang lain. Mulai pada saat kita dilahirkan, kita memiliki kebutuhan untuk memperhatikan orang lain. Kita membutuhkan mereka untuk memperhatikan diri kita. Kita butuh untuk merasa penting dan diinginkan.

  2. Kebutuhan untuk disentuh dan dipeluk. Bayi, anak kecil, remaja, orang dewasa, orang tua semuanya kadang-kadang butuh untuk disentuh dan dipeluk. Semakin kamu tumbuh dewasa, mungkin kamu mulai mengenal bermacam-macam kesan tentang sentuhan dan pelukan. Ini menyangkut persoalan budaya dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

  3. Kebutuhan untuk merasa dibutuhkan dan perasaan “bersatu” dengan orang lain. Inilah sebabnya kenapa kita meniru berbagai macam cara jalan, cara berbicara, dan cara berpakaian orang lain. Ini juga sebabnya kenapa kita masuk ke dalam sebuah kelompok, tim, geng,dan klub.

  4. Kebutuhan untuk menjadi beda dan terpisah. Setiap orang butuh merasakan tidak ada orang yang mirip dengan diri kita di dunia ini. Hal ini mungkin bertentangan dengan kebutuhan untuk merasa dibutuhkan dan merasa “satu” dengan orang lain. Dan memang ini bertentangan! Kamu akan bolak-balik antara dua kebutuhan ini sepanjang hidupmu.

  5. Kebutuhan untuk menyayangi. Sungguh perasaan yang menyenangkan untuk bisa membantu orang lain dan menunjukkan bahwa kita memperhatikan mereka.

  6. Kebutuhan untuk merasa berharga, bernilai, dan dikagumi. Pada mulanya, kita bergantung pada orang lain agar kita bisa merasakan hal ini. Pada akhirnya, secara perlahan kita akan belajar untuk memotivasi dan memuji diri sendiri.

  7. Kebutuhan untuk memiliki kekuatan dalam hubungan dan kehidupan kita. Hal ini tidak sama seperti memiliki kekuatan atas orang lain. Ini adalah tentang memiliki pilihan-pilihan.

No comments: